SOLOPOS.COM - Perbaikan jalan dilakukan Pemkab Sukoharjo di ruas jalan yang rusak di Kecamatan Kartasura belum lama ini. (Istimewa)

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengizinkan penyelenggaraan area bebas dari kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di ruas Jl. Slamet Riyadi, Kartasura, Sukoharjo. Penyelenggaraan area bebas dari kendaraan bermotor ini dimulai pada Minggu (17/9/2023).

Area CFD itu akan diujicobakan dahulu selama dua bulan ke depan. Penyelenggaraan CFD perdana di Jl. Slamet Riyadi, Kartasura, akan diramaikan dengan penampilan flashmob tarian Kebo Kinul, senam kompak, hingga festival internasional bebek korek Kartasura.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Khusus festival masakan bebek, akan disediakan makan gratis mulai pukul 07.00 WIB. Akan ada pembagian 3.000 porsi nasi bebek. Ini selaras dengan Kartasura yang dikenal dengan kuliner bebek goreng sejak 1986.

Itu semua dilakukan untuk menyemarakkan ulang tahun ke-343 Kecamatan Kartasura. Kecamatan ini memiliki banyak potensi, daerah yang kaya sejarah hingga pusat perekonomian. Kartasura potensial bisa jauh lebih maju lagi pada waktu mendatang.

Wilayah Kecamatan Kartasura kini berposisi makin strategis. Kawasan ini berada di dekat ke pintu masuk dan keluar tol Solo-Jogja, Solo-Surabaya, dan Solo-Semarang. Kartasura adalah titik temu segitiga emas Jawa Tengah—Daerah  Istimewa Yogyakarta karena berada di pertemuan tiga kota, yaitu Semarang, Solo, dan Jogja.

Daerah ini memiliki banyak fasilitas. Ada Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta dan Universitas Muhammadiyan Surakarta, pasar, pusat perbelanjaan, rumah sakit, terminal, dan lainnya.

Kecamatan Kartasura menempati posisi ketiga penyumbang pendapatan asli daerah Kabupaten Sukoharjo setelah Kecamatan Grogol dan Kecamatan Sukoharjo. Banyak usaha mikro, kecil, dan menengah di kecamatan ini, seperti penjual nasi liwet, jenang lemu, angkringan, dan kuliner khas lainnya.

Pembangunan Kartasura terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo kini fokus membangun Pasar Kartasura sebagai pusat perekonomian yang kekinian. Di kawasan ini akan ada pembangunan tugu batas wilayah di Kertonatan.

Usulan pembangunan flyover bundaran Tugu Kartasura telah disampaikan kepada pemerintah pusat. Usulan yang telah ditindaklanjuti dengan membikin kajian teknis kelayakan sejak 2017 itu bertujuan mengurai kemacetan.

Kawasan Kartasura dekat dengan Bandara Adi Soemarmo. Kartasura juga menjadi kawasan penyangga Kota Solo. Ditilik dari sisi sejarah, Kartasura adalah bagian cikal bakal Kota Solo. Keberadaan Keraton Solo bermula dari Keraton Kartasura.

Kekayaan sejarah di Kecamatan Kartasura tiada bandingnya. Di sini ada situs Benteng Keraton Kartasura sebagai salah satu dari lima objek cagar budaya di Kabupaten Sukoharjo. Semua terdaftar pada register cagar budaya nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2015.

Situs Keraton Kartasura adalah kekayaan sejarah yang sejauh ini belum diberdayakan secara optimal. Perlu dukungan penuh dari berbagai pihak agar keberadaan situs tersebut tetap lestari hingga masa mendatang.

Mengacu pada berbagai keunikan dan potensi yang dimiliki daerah ini, penyelenggaraan area bebas kendaraan bermotor yang akan dimulai pada Minggu (17/9/2023) layak diapresiasi sebagai langkah awal memajukan Kecamatan Kartasura, memberdayakan potensi kawasan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya