SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama cucunya Jan Ethes dan Ibu Negara Iriana serta Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersorak saat timnas U-23 Indonesia mencetak gol pada laga melawan Turkmenistan dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. Indonesia menang 2-0. (Istimewa).

Tim nasional sepak bola Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024. Indonesia menjadi juara Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Indonesia menjadi juara Grup K setelah mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Manahan pada Selasa (12/9/2023) malam. Predikat juara Grup K itu membangun optimisme.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kegembiraan diungkapkan suporter dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Kemenangan tim nasional sepak bola Indonesia U-23 di Stadion Manahan itu menjadi prestasi gemilang sekaligus prasasti kukuh karena dalam sejarah baru kali ini tim nasional sepak bola Indonesia lolos ke Piala Asia U-23.

Kejuaraan Piala Asia U-23 ditetapkan oleh Konferederasi Sepak Bola Asia atau Asian Football Confederation (AFC) menjadi babak kualifikasi Olimpiade sejak 2016. Dengan demikian AFC tiga kali mengirim representasi ke Olimpiade, yaitu pada 2016, 2020, dan nanti pada 2024.

Tim nasional sepak bola Indonesia U-23 berpeluang menjalin mimpi meniti jalan ke Olimpide 2024 di Paris. Syaratnya, tim nasional sepak bola Indonesia masuk tiga besar di putaran final Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan.

Tentu ini perjalanan yang berat, bahkan sangat berat. Butuh banyak energi dan konsentrasi agar impian berlaga di Olimpiade bisa terwujud. Tim nasional sepak bola Indonesia U-23 akan menghadapi tim-tim tangguh langganan Olimpiade, antara lain Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Jepang jelas menjadi tim yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tim nasional U-23 Indonesia pernah gagal di fase Grup E pada 2013. Grup itu berisi Indonesia, Jepang, Australia, Singapura, Timor Leste, dan Macau.

Kala itu Jepang dan Australia lolos ke babak final dengan poin masing-masing 15 dan 10. Indonesia berada di urutan ketiga dengan poin sembilan. Indonesia juga pernah tumbang dikalahkan Korea Selatan lewat laga terakhir Grup H Piala Asia U-23 pada Maret 2015.

Skor akhir saat itu telak, yaitu 0-4. Arab Saudi saat ini menjadi juara Grup G Piala Asia U-23. Jepang juara Grup D Piala Asia U-23. Mereka lolos ke Qatar pada 2024.  Tentu saja persaingan di Piala Asia U-23 itu sangat ketat.

Keberhasilan Indonesia menjuarai Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 adalah langkah awal menjalin mimpi meniti jalan ke Olimpiade 2024. Butuh kelanjutan pembinaan untuk menjaga semangat tim sekaligus meningkatkan keterampilan tiap individu pemain dan kekompakan tim.

Pengalaman bermain di kompetisi luar negeri tentu sangat berharga. Butuh dukungan kuat dari negara untuk menjaga perjalanan tim nasional sepak bola Indonesia U-23 ini agar bisa melangkah lebih jauh lagi, syukur bisa merasakan kerasnya kompetisi hingga masuk ke tiga besar Piala Asia 2024 sehingga lolos ke Olimpiade 2024. Semua harus diawali dari mimpi yang bermotivasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya