SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag. (Istimewa)

Pelestarian kekayaan dan aset mengacu pada kesucian kekayaan anggota masyarakat, dengan penekanan pada penghasilan melalui cara-cara halal. Pemusatan kekayaan di tangan segelintir orang menyebabkan meningkatnya kesenjangan antara kaya dan miskin dan membuat orang miskin tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kesehatan. Islam, untuk tujuan ini, memberikan hukum rinci yang mengatur mu’amalat dan transaksi dalam masyarakat.

Syariah sangat mendorong langkah-langkah menuju pelestarian kekayaan. Beberapa cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, mendorong perdagangan dan investasi. Untuk menjaga agar perekonomian tetap tumbuh dan berkembang, uang harus terus bergerak, berpindah dari tangan mereka yang memiliki uang berlebih kepada mereka yang membutuhkannya untuk kebutuhan dasar mereka.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Itu harus dilakukan dengan imbalan barang, jasa atau keuntungan. Sementara penyimpanan dan monopoli kekayaan dilarang keras dalam syariah. Seiring berjalannya waktu, uang kertas telah menggantikan emas, perak beserta komoditas lainnya. Pada mulanya, uang kertas dianggap sangat nyaman sebagai pengganti emas dan perak.

Namun, hari ini emas dan perak bukan lagi menjadi persyaratan saat mencetak lebih banyak uang kertas yang menjadikannya “hanya kertas”. Uang kertas ini disebut uang fiat. Beberapa ulama berpendapat bahwa terlalu bergantung pada uang kertas adalah salah satu penyebab utama krisis dan gejolak ekonomi saat ini. Syariah mendorong perdagangan dan investasi, dorongan ini tidak mutlak dan ada pedoman yang jelas mengatur sifat investasi seperti pembentukan kontrak keuangan dll. Perdagangan dan investasi adalah dua cara untuk menjaga kekayaan tetap bergerak.

Kedua, kebolehan kepemilikan pribadi di samping kepemilikan publik. Sifat manusia yang memiliki keinginan untuk menikmati hasil kerja kerasnya diakui, dihormati, dan dihargai oleh syariah. Dengan demikian, memperoleh dan memiliki kepemilikan pribadi tidak dilarang dalam Islam.

Kapitalisme dan komunisme tidak sejalan dengan syariah. Kepemilikan pribadi dalam pandangan dunia Islam sangat berbeda karena kepemilikan dianggap bersifat sementara dan pada akhirnya merupakan amanah dari Allah. Di mana investasi dan perdagangan didorong, juga diperlukan peraturan untuk memastikan bahwa kekayaan tidak ditimbun dan tidak terkonsentrasi, dan alat-alat produksi tidak dimonopoli.

Ada pedoman dalam Al-Qur’an dan sunnah yang melayani tujuan keseluruhan untuk mempromosikan keadilan dan kesetaraan dalam masyarakat dan melindungi kekayaan anggotanya. Ketiga, melindungi kategori kekayaan tertentu. Islam memandang perlu untuk menahan kekayaan dan aset dalam rangka menjaganya dari pemborosan, bahkan dari pemilik yang sah, terutama dari mereka yang tidak ahli dalam mengelola urusan keuangan mereka.

Sufaha yang berarti “bodoh” atau “tidak kompeten”. Ini berlaku untuk mereka yang tidak dianggap bertanggung jawab secara hukum. Hal ini dapat diterapkan pada anak-anak dan di bawah umur, mereka yang berada di bawah usia tertentu. Kekayaan mereka dapat ditahan sampai mereka mencapai usia tertentu di mana mereka mampu mengelola keuangan mereka. Kekayaan mereka dikelola dan dipegang oleh dana perwalian sampai mereka mampu mengambil alih sepenuhnya.

Keempat, filantropi. Zakat adalah pilar keempat dalam Islam dan menjadi bagian penting dalam sistem ekonomi Islam. Setiap muslim yang memiliki nisab wajib mengeluarkan zakat. Selain zakat, sedekah juga sangat ditekankan untuk membantu yang kurang mampu dan menjaga peredaran harta ketika berpindah tangan, dari kaya ke miskin. Dalam syariah, kita memberikan apa yang telah Dia berikan kepada kita dan segala sesuatu yang dipercayakan kepada kita dari Allah.

Oleh karena itu, kedermawanan juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga agar uang tetap beredar, memberikan kepada mereka yang berhak dan paling membutuhkannya. Bukti terbaik dari peredaran ini adalah pengumpulan zakat 2,5%.

Islam juga menggarisbawahi tindakan-tindakan yang menghambat pertumbuhan kekayaan. Beberapa persoalan yang mengancam pertumbuhan kekayaan antara lain larangan menimbun. Penimbunan tidak mewujudkan tujuan penggunaan kekayaan, peredarannya hanya untuk keuntungan sebanyak-banyaknya bagi penimbunnya. Meskipun orang mungkin berpikir bahwa menimbun dapat melindungi dan meningkatkan kekayaan.

Perbedaan antara kikir dan menimbun harus dicatat di sini. Sifat di mana seseorang hanya tidak ingin menghabiskan kekayaannya disebut kikir, sedangkan penimbunan adalah mencoba untuk secara sembarangan memusatkan kekayaan di tangan sendiri atau kelompok tertentu. Itu membuat yang kaya semakin kaya dan karenanya meningkatkan kesenjangan antara si kaya dan si miskin.

Pemusatan sumber daya, industri, dan kekayaan, memberikan kekuatan kepada segelintir individu dalam suatu lingkungan, yang mengarah ke monopoli, juga bisa menjadi semacam penimbunan, sesuatu yang tidak diinginkan dalam syariah.



Larangan hidup berlebihan (israf), boros (tabdzir), dan bermewah-mewahan (bathar) dinyatakan secara eksplisit dalam Islam. Umat Islam tidak diperbolehkan untuk melakukan konsumsi yang boros dan diminta untuk bersikap moderat (qawam) dalam segala hal. Tidak ada batasan moneter untuk memisahkan moderasi dari kelebihan.

Namun, ada beberapa faktor yang jelas harus kita ingat saat berbelanja. Alasan utama di balik keputusasaan ini adalah untuk meminimalkan kesenjangan pendapatan antara kaya dan miskin. Sesuatu yang dapat menyebabkan kecemburuan dan perbedaan yang tidak sehat.

Agar konsumsi sumber daya tidak melampaui batas dalam arti berlebihan, boros dan bermewah-mewahan, maka aspek moralitas perlu ditanamkan dalam pemenuhan kebutuhan. Oleh karena itu, sistem preferensi dalam mengonsumsi harta dan kekayaan harus dibatasi dalam kerangka moral.

Untuk memenuhi tuntutan ini, syariah Islam dengan eksplisit mencegah penggunaan secara berlebihan dan pemborosan dengan cara membedakan antara kebutuhan dan keinginan, antara yang perlu dan tidak perlu, dan membaginya dalam tiga kategori yaitu daruriyyat, hajiyyat, dan tahsiniyyat.

Kategori daruriyyat merujuk pada semua barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan utama atau untuk mengurangi kesukaran, kesulitan, kelaparan, kelangkaan, sehingga menjadi jelas bedanya dengan keinginan. Kebutuhan utama ini meliputi pangan, sandang dan papan.

Bila kebutuhan utama ini tidak dapat dipenuhi maka bisa membahayakan kelangsungan hidup manusia di muka bumi. Imam al-Shatibi mendaftar hal-hal daruriyyat meliputi memelihara kesehatan dan kewarasan akal (hifz al-`aql) agar perkara-perkara agama dapat ditegakkan dan dijalankan (hifz al-din); menjaga keturunan dan generasi penerus (hifz al-nasl) untuk menjalankan al-`adah; dan menjaga harta (hifz al-mal) demi mempertahankan keberlangsungan jiwa manusia (hifz al-nafs).

Kategori hajiyyat adalah istilah yang merujuk pada barang dan jasa yang berfungsi sebagai pelengkap kategori darurat, dan karenanya bersifat fleksibel. Kategori kebutuhan ini biasanya dalam ilmu ekonomi dinamakan kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder adalah kelengkapan yang berada di seputar kebutuhan utama dan bermanfaat melengkapi daruriyyat. Kelengkapan ini dibutuhkan dengan maksud agar hidup manusia menjadi lebih lapang dan leluasa, menghilangkan kesempitan hidup, akan tetapi jika tidak terpenuhi tidak membahayakan kehidupan individu maupun umum.

Kategori tahsiniyyat dalam Al-Qur’an merujuk pada kesenangan, kenikmatan, dan perhiasan di dunia ini diperbolehkan. Jadi, kategori tahsiniyyat adalah istilah yang merujuk pada semua barang dan jasa yang diperkenankan oleh Allah dan tujuannya untuk memperindah atau menghiasi kebutuhan utama dan kelengkapan sekunder pada umumnya, dan karena itu bersifat komplementer, asalkan penggunaan dan pemenuhannya menjauhkan dari kondisi yang merendahkan akal sehat. (bersambung)

Artikel ini ditulis oleh Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., Rektor UIN Salatiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Gibran Tepis Gabung Partai Golkar, Sebut Semua Teman

Gibran Tepis Gabung Partai Golkar, Sebut Semua Teman
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Minggu, 28 April 2024 - 13:49 WIB
share
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo yang juga Cawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka, saat menghadiri halalbihalal DPD Partai Golkar Solo, Sabtu (27/4/2024) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo yang juga Cawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menepis kabar yang menyebutkan dirinya bergabung dengan Partai Golkar.

Dia menyatakan semua teman. Pernyataan tersebut Gibran sampaikan saat diwawancara wartawan usai menghadiri halalbihalal DPD Partai Golkar Solo, Sabtu (27/4/2024) malam. “Belum ada pembicaraan seperti itu. Saya kan diundang,” ujar dia.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Gibran menyatakan dirinya selalu berusaha hadir ketika mendapat undangan dari mana pun. Tidak ada maksud apa pun dari kehadiran di acara Partai Golkar Solo. “Saya kalau diundang ya pasti hadir ta ya. Enggak ada maksud apa-apa ya,” sambung dia.

Ihwal kabar dirinya bergabung dengan Partai Golkar, Gibran mengatakan, belum ada pernyataan resmi. “Apakah sudah ada berita resmi, kan enggak ada seperti itu ya. Semuanya teman, halalbihalal ya ditekani kabeh, begitu loh. Kan penak,” imbuh dia.

Koran Solopos

Di sisi lain, kedatangan Gibran disambut antusias jajaran pengurus dan kader partai berlambang pohon beringin tersebut. Pantauan Solopos.com, Gibran tiba di Kantor DPD Partai Golkar Solo sekira pukul 20.00 WIB mengenakan kemeja batik.

Dia disambut Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung, dan jajaran pengurus partai, seperti Taufiqurrahman. Begitu memasuki lokasi acara, Gibran langsung diserbu kader Partai Golkar yang ingin mengucapkan selamat atas keberhasilan memenangi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Mereka rela berdesak-desakan untuk bisa bersalaman dengan Gibran. Sedangkan Gibran langsung menyalami para petinggi Partai Golkar Solo dan tokoh-tokoh yang ada. Termasuk para petinggi partai politik (Parpol) yang turut hadir dalam acara tersebut, karena diundang panitia acara.

Emagazine Solopos

Pantauan Solopos.com mayoritas parpol hadir dalam acara itu, seperti Ketua DPW PSI Jawa Tengah (Jateng), Antonius Yogo Prabowo; Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno; Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari; Ketua DPC Partai Perindo Solo, Milia Jatmiati, dan Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto.

Ada juga Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Solo, Moch Chamim Irfani, serta perwakilan dari sejumlah partai seperti DPD PKS Solo. Sedangkan dari PDIP ada sosok Teguh Prakosa yang hadir setelah Gibran berpamitan dan meninggalkan lokasi acara. Teguh tak bertemu dengan Gibran.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Galakkan Minat Baca Masyarakat, Perpusda Solo Gelar Festival Literasi 2024

Galakkan Minat Baca Masyarakat, Perpusda Solo Gelar Festival Literasi 2024
author
Ahmad Mufid Aryono Minggu, 28 April 2024 - 13:33 WIB
share
SOLOPOS.COM - Acara Festival Literasi 2024 yang digelar Perpustakaan Daerah Solo pada event Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (28/4/2024). Kegiatan yang diikuti sekitar 20-an peserta tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO–Perpustakaan Daerah (Perpusda) Solo menggelar kegiatan Festival Literasi 2024 pada event Car Free Day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Minggu (28/4/2024). Kegiatan yang diikuti sekitar 20-an peserta tersebut bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat.

Pantauan Solopos.com, mulai pukul 07.00 WIB, para peserta yang didominasi oleh anak-anak mulai berdatangan. Sebanyak tiga buah mobil perpustakaan keliling juga sudah berbaris rapi untuk menyediakan asupan buku bagi para peserta.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Setelah mengambil buku, para peserta disedikan tikar oleh panitia untuk duduk-duduk sammbil membaca buku. Meskipun tempatnya cukup sederhana namun mereka tampak fokus dan menikmati proses membaca.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solo, kemudian dilanjutkan sesi penyerahan hibah buku dari Perpusda Solo ke beberapa perpustakaan kelurahan. Lalu ada pembacaan dongeng Kerbau yang Mujur, dan kegiatan pembagian doorprize dan aneka gim serta kuis menarik.

Koran Solopos

Pada sesi gim dan kuis acara tersebut bertambah meriah. Pasalnya beberapa peserta yang masih anak-anak saling berebut untuk maju dan menampilkan bakatnya, seperti dengan menyanyi, bercerita dan bahkan ada yang unjuk kemampuan bermain sapatu roda.

Bagi mereka yang berani tampil berhak mendapatkan hadiah seperti botol minum dan beberapa hadiah lainnya. Pun bagi pengunjung CFD yang berkenan mampir dan ikut membaca oleh panitia diberikan hadiah secara cuma-cuma.

Kepada Solopos.com, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Solo, Arif Handoko, mengatakan bahwa Festival Literasi 2024 ini menjadi salah satu dari banyak upaya Perpusda Solo untuk menggenjot budaya literasi masyarakat. Lantaran menurutnya saat ini Indonesia khususnya Solo budaya literasinya masih rendah.

Emagazine Solopos

“Kegiatan ini juga menjadi bagian dari program Transformasi Perpustakaan Berbasih Inklusi Sosial (TPBIS). Yang mana nantinya pusat literasi tidak hanya di Perpusda saja melainkan bisa tersebar ke masing-masing kelurahan di Solo dan bisa diakses secara bebas oleh masyarakat,” katanya.

Arif menjelaskan bahwa pihaknya selalu mendukung kegiatan literasi di kelurahan dengan rutin menghibahkan buku-buku. Di samping memasifkan program perpustakaan keliling yang saat ini sudah beroperasi di banyak lokasi di Solo.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Wirasih, mendukung penuh kegiatan yang tujuannya untuk mendorong budaya literasi. Karena menurutya semakin tahun event yang berhubungan dengan membaca terus turun.

Interaktif Solopos

“Kalau ada kegiatan ini kan anak-anak bisa mencari pengetahuan baru dan tidak hanya bermain gawai saja. Seperti hal nya anak saya yang pagi ini saya bawa ke sini dalam rangka untuk membiasakan dia suka membaca sejak kecil. Bagi saya orang tua punya peran penting juga untuk menumbuhkan minat baca pada anak,” papar dia.

Wanita asal Joglo, Banjarsari tersebut berharap Perpusda lebih giat lagi dalam mengadakan kegiatan-kegiatan seperti Festival Literasi 2024. “Terus saya mohon Perpusda lebih sering berbagi informasi kepada masyarakat lewat media apapun. Karena kegiatan Perpusda sounding-nya masih minim dampaknya masyarakat kurang tahu info atau kegiatan terkininya,” imbuh dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Komitmen Investasi di Solo, Nvidia dan Indosat Targetkan 1 Juta Orang Kuasai AI

Komitmen Investasi di Solo, Nvidia dan Indosat Targetkan 1 Juta Orang Kuasai AI
author
Ahmad Mufid Aryono Minggu, 28 April 2024 - 13:21 WIB
share
SOLOPOS.COM - Gedung Shopee Creative and Innovation Hub di Solo Technopark menampung berbagai tenant bisnis. Foto diambil Senin (6/2/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO– Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison telah bertemu dengan Pemkot Solo untuk tindak lanjut rencana investasi. Mereka memiliki misi membentuk 1 juta orang menguasai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Sekda Solo Budi Murtono menjelaskan Pemkot Solo sudah menerima kunjungan perwakilan dari Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison di Solo baru-baru ini. Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison ingin membangun pusat pengembangan AI di Indonesia, salah satunya di Kota Solo.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Target mereka dalam sekian tahun membentuk 1 juta orang yang menguasai AI. Dari 1 juta itu minimal 300.000 orang punya sertifikasi internasional,” jelas BM, sapaan akrabnya kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).

Dia menjelaskan Pemkot Solo baru melakukan penjajakan dengan calon investor. Belum ada pembahasan berapa banyak nilai investasi untuk pusat pengembangan AI di Kota Solo. “Istilahnya baru kulo nuwun,” ungkap dia.

Koran Solopos

Menurut dia, Pemkot Solo memiliki lahan terbatas. Apabila Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison membutuhkan lahan yang tidak luas untuk untuk pusat pengembangan AI, Pemkot Solo menawarkan di Solo Technopark.

Apabila investor membutuhkan lahan lainya di Kota Solo, Pemkot Solo bisa menyampaikan kepada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo atau Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo untuk kerja sama. “Lokasi di Kota Solo tapi tidak harus Pemkot Solo,” papar dia.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo Andriyani Sasanti mengatakan belum ada informasi berapa nilai investasi dari Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison di Kota Solo. Rencana investasi Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison baru tahap awal.

Emagazine Solopos

Menurut dia, target realisasi investasi di Kota Solo 2024 meningkat 100 persen dari target tahun lalu. Realisasi investasi di Kota Solo 2023 sebanyak Rp917.758.926.569 dari target Rp600 miliar.

“Dengan target yang meningkat, kami akan lebih masif lagi supaya realisasi investasi mencapai target,” ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyambut baik komitmen perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat Nvidia dalam membangun Indonesian Artificial Intelligence Nation.

Interaktif Solopos

Menurut dia, Nvidia bekerja sama dengan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk berencana akan membangun Pusat AI di Solo Technopark, tahun ini. Konsep pembangunan Pusat AI di Solo bermuara pada infrastruktur telekomunikasi dan sumberdaya manusia atau talenta digital.

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD200 juta atau Rp3 Triliun untuk membangun Indonesia AI Nation,” kata dia melalui laman resmi Kemkominfo, Rabu (03/04/2024).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories