SOLOPOS.COM - Tri Wiharto (Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Indonesia  dipercaya menjadi tuan rumah dua kejuaraan olahraga level dunia pada tahun ini, yaitu Piala Dunia FIBA serta Piala Dunia FIFA U-17.

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 (FIBA Basketball World Cup 2023) di Indonesia Arena, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 25 Agustus 2023 hingga 10 September 2023.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Tim asal negara-negara peserta telah berada di Indonesia untuk bertarung di putaran final kejuaraan bola basket antarnegara paling bergengsi di dunia tersebut.

Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina. Ini adalah kali pertama dalam sejarah Piala Dunia FIBA digelar di tiga negara secara bersamaan  dalam satu wilayah.

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah menyiapkan segalanya demi kelancaraan kejuaraan basket yang menjadi sorotan dunia itu. Indonesia Arena adalah bukti keseriusan negara ini menjalankan amanat FIBA sebagai tuan rumah.

Tim-tim yang berlaga di Indonesia memberikan pujian dan merasa kagum terhadap arena kejuaraan basket bergengsi tersebut. Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) menghabiskan anggaran Rp640 miliar dan dibangun dalam waktu 18 bulan.

Indonesia tak boleh berhenti karena puas mendapat pujian atas kemegahan dan kelengkapan fasilitas pertandingan FIBA Basketball World Cup 2023. Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum dua kejuaraan dunia tahun ini sebagai pijakan pengembangan olahraga di negeri ini.

Tim nasional basket Indonesia yang tak bisa tampil, meski berstatus tuan rumah, bisa belajar banyak dari penampilan tim nasional negara lain yang telah malang melintang di kompetisi basket dunia.

Secara kebetulan pula tim nasional basket Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Tim nasional basket putri Indonesia baru saja mencatatkan sejarah lolos ke divisi A kompetisi level Asia setelah keluar sebagai juara divisi B dengan mengalahkan Iran di final.

Di kategori putra, tim nasional basket Indonesia juga terus berkembang. Momentum kejuaraan Piala Dunia U-17 FIFA 2023 atau 2023 FIFA U-17 World Cup yang akan digelar di Indonesia pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023 juga harus bisa membuat sepak bola negeri ini menjadi lebih baik.

Berbicara prestasi untuk Piala Dunia U-17 FIFA 2023 tentu saja terlalu dini. Tim nasional sepak bola Indonesia bisa belajar dari para langganan turnamen sepak bola dunia di ajang ini.

Skuad tim nasional U-17 Indonesia harus mendapat dukungan dari masyarakat negeri ini untuk berkembang dan maju, terlepas dari berbagai permasalahan yang masih mengiringi federasi atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Di tataran kenegaraan dua event kejuaraan piala dunia tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama bilateral serta tentu saja jadi ajang promosi potensi Indonesia.

Sektor pariwisata dan lain-lain wajib mendulang hasil positif dari dua ajang piala dunia tersebut. Secara garis bersar setidaknya terdapat empat keuntungan utama dari status Indonesia sebagai tuan rumah dua ajang piala dunia tersebut.

Pertama, tampil di piala dunia. Kecuali di ajang Piala Dunia FIBA 2023, tim nasional Indonesia dipastikan tampil di Piala Dunia U-17 2023 karena status tuan rumah. Kedua, perbaikan fasilitas.

Harus diakui dampak positif dua piala dunia tersebut. Fasilitas olahraga basket dan sepak bola di Indonesia diperbaiki, bahkan dibangun ulang dengan level internasional.

Hal tersebut membuat pelaku olahraga di Indonesia akan memperoleh fasilitas standar dunia setelah piala dunia usai. Ketiga, kenaikan pendapatan negara dari sektor pariwisata maupun peradagangan. Keempat, promosi wisata gratis.

Kejuaraan dua piala dunia di Indonesia akan mendapat liputan media dari berbagai belahan dunia, khususnya negara asal tim-tim perserta. Potensi wisata Indonesia dipastikan bisa tercakup dari sisi lain liputan tersebut.

Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 harus dibalas dengan keberhasilan menjadi penyelenggara dua kejauraan dunia, yaitu Piala Dunia FIBA 2023 (FIBA Basketball World Cup 2023) dan Piala Dunia U-17 FIFA 2023 (2023 FIFA U-17 World Cup).

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 30 Agustus 2023. Penulis adalah wartawan Solopos Media Group)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya