SOLOPOS.COM - Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah memotret lokasi kebakaran di gudang barang rongsokan di Kampung Joyosudiran, Pasar Kliwon, Kota Solo, Kamis (5/10/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Peristiwa kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Putri Cempo yang terjadi berkali-kali dan kebakaran gudang barang rongsokan di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, yang kemudian merembet ke sejumlah rumah warga adalah peringatan untuk menata infrastruktur Kota Solo.

Penataan terutama pada infrastruktur dasar yang akan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Infrastruktur perkotaan jamak tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan populasi dan ekonomi yang berkembang pesat,

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Perkotaan dapat dipandang sebagai infrastruktur pertumbuhan itu sendiri.  Setiap pengaturan perkotaan menghadapi tantangan yang berbeda dan memiliki kebutuhan teknologi yang berbeda.

Penggunaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi dalam konteks perkotaan meniscayakan penerapan teknologi tinggi serta teknologi rendah. Tentu disertai pendekatan inovatif untuk perencanaan kota dan inovasi kelembagaan.

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi menyediakan berbagai solusi dalam konteks perkotaan, mulai dari solusi berbasis teknologi tinggi, perkuatan dan pendekatan inovatif, serta perencanaan kota dan tata kelola yang menggunakan teknologi yang lebih mendasar.

Peristiwa kebakaran di TPA Putri Cempo yang berulang harus memunculkan kehendak menata pengelolaan sampah, menerapkan teknologi lebih maju selain open dumping, dan menyediakan infrastruktur penanganan kebakaran yang meniscayakan respons cepat.

Peristiwa kebakaran gudang barang rongsokan di Kecamatan Pasar Kliwon menunjukkan kesemrawutan perkembangan tata kota sehingga unit pemadam kebakaran kesulitan menjangkau lokasi kebakaran.

Perkembangan tata kota, terutama infrastruktur pribadi dan publik, harus dikemas dan diatur sedemikian rupa dengan orientasi jangka panjang dan menjaga akses untuk pelayanan publik. Pemadam kebakaran adalah salah satu pelayanan publik yang butuh akses lancar dan cepat.

Kenyataan ada gapura yang menghalangi mobil pemadam kebakaran adalah contoh kecil namun krusial dalam penataan infrastruktur kota. Penyediaan unit pendukung pemadam kebakaran di permukiman padat juga realitas yang harus dipecahkan dengan aksi dan program nyata, misalnya tentang tangki air pemadam kebakaran di kawasan permukiman.

Pengelola dan perencana kota dapat menggunakan teknologi simulasi, pemodelan, dan visualisasi untuk membantu merumuskan perencanaan jangka panjang dan keputusan investasi.

Alat simulasi dapat membantu merumuskan perencanaan pembangunan kota, penentuan tapak dan desain gedung, analisis lalu lintas dan energi, serta perhitungan emisi.

Inovasi dalam penataan kota mengacu pada metode baru, model bisnis, kebijakan, desain atau regulasi kelembagaan yang memenuhi kebutuhan populasi perkotaan dengan cara yang lebih efisien, efektif, dan berkelanjutan.

Penataan infrastruktur kota jelas tidak cukup hanya mengutamakan proyek-proyek skala besar yang kemudian menjadi  ”etalase kota”, apalagi hanya proyek-proyek skala besar yang mengutamakan investor dan pemodal besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya