SOLOPOS.COM - Ahmad Baihaqi (Solopos/Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Rental Playstation (PS) mendadak menjadi perbincangan warganet sesaat setelah Indonesia menjadi juara Piala Asia Digital 2024. Piala Asia E-Sport itu memainkan gim e-football yang pesertanya sesuai dengan tim nasional yang berlaga di Piala Asia 2024.

Tim nasional Indonesia yang digawangi Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra, dan Akbar Paudie menjadi juara setelah menaklukkan Jepang pada babak final di Doha, Qatar, Minggu (6/2/2024).

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Tim e-football Indonesia menang adu penalti pada pertemuan pertama dan kemudian menang 1-0 pada pertemuan kedua. Prestasi ini menjadi sejarah bagi Indonesia mengingat menjadi negara pertama yang berhasil menjadi juara Piala Asia E-Football.

Prestasi ini sekaligus melengkapi sejarah Indonesia yang sebelumnya mampu menembus babak 16 besar Piala Asia versi “dunia nyata” untuk kali pertama. Sesaat setelah Rizky Faidan dkk. mengangkat Piala Asia E-Football, media sosial, khususnya X (dulu Twitter), ramai dengan pembahasan tentang rental PS.

Banyak yang menyebut rental PS memiliki sumbangsih besar bagi Indonesia dalam prestasi di pentas e-sport khususnya e-football. Belum diketahui pasti memang tiga pemain Indonesia yang berprestasi itu apakah memang mengawali karier dari rental PS.

Warganet yakin rental PS bisa menjadi tempat pertama para pemain potensial mengasah bakat. Hal itu berkaca dari prestasi-prestasi e-sport Indonesia lainnya, yakni di gim Mobile Legend, PUBG, Free Fire, dan lain-lain.

Mayoritas para pemain tim Indonesia di cabang tersebut merupakan orang-orang yang dulu bermain game online di warnet. Artinya, bakat-bakat e-sport Indonesia sangat mungkin berasal dari bawah, bukan hanya dari perseorangan yang memiliki seperangkat alat mewah di rumah.

Bakat sering kali lahir dari semangat, latihan, dan kesempatan bermain dan bersaing secara rutin. Inilah penyebab rental PS memiliki peran yang krusial. Mereka menyediakan akses mudah dan terjangkau bagi individu dari berbagai latar belakang untuk terlibat dalam permainan.

Rental PS sering memfasilitasi kompetisi lokal yang memungkinkan bakat-bakat terpendam muncul ke permukaan. Indonesia memiliki kompetisi e-football tingkat nasional bernama IFEL dengan peserta adalah klub-klub di Liga Indonesia.

Rizky Faidan dan Elga Cahaya Putra adalah pemain yang malang melintang di kompetisi IFEL ini. Akbar Paudie lahir dari tim amatir yang kemudian menjadi juara Piala Presiden 2021 hingga akhirnya dilirik klub Liga Indonesia untuk tampil di IFEL.

E-sport di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tim e-sport Indonesia mampu berprestasi di kancah internasional. Salah satunya menjadi juara umum SEA Games 2023 Kamboja cabang e-sport.

Untuk meningkatkan daya saing pada masa depan tetap perlu peran pemerintah dalam mendukung cabang olahraga e-sport. Pemerintah harus berinvestasi dalam pembangunan fasilitas e-sport seperti pusat-pusat gaming komunitas atau pusat latihan e-sport di berbagai daerah yang bisa dijangkau semua kalangan.

Kemudian membuat program pelatihan dan pengembangan bakat dengan melibatkan para ahli dan pemain profesional untuk membimbing bakat-bakat muda. Yang tak kalah penting adalah mendorong penyelenggaraan turnamen dan kompetisi e-sport di tingkat lokal hingga nasional.

Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada bakat-bakat muda berkembang dan meningkatkan daya saing. Pemerintah juga bisa melakukan edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang potensi e-sport sebagai jalur karier yang legit dan berharga.

Selama ini bermain gim masih dipandang sebalah mata oleh sejumlah kalangan. Anak-anak yang bermain gim masih kerap dilarang oleh orang tua, padahal bisa jadi itu merupakan bakat yang dimiliki anak.

Orang tua harus berkesadaran agar lebih bijak dalam melihat anak yang bermain gim, tentu tidak membiarkan bermain sepanjang hari. Dengan menggeliatnya dunia e-sport di Indonesia, rental PS bisa jadi tidak layak dipandang sebelah mata lagi.

Rental PS bukan sekadar hiburan, melainkan bisa menjadi tempat para pemain potensial mengembangkan bakat. Dengan akses yang mudah dan terjangkau, rental PS bisa menjadi tempat yang cocok bagi pemain yang memiliki hambatan dengan harga konsol atau perangkat gim yang mahal.

Komunitas di rental PS bisa memberikan ruang interaksi sesama pemain. Begitu juga dengan turnamen-turnamen lokal yang kerap digelar oleh rental PS. Tanpa disadari, rental PS bisa memberi peran penting bagi kemajuan e-sport Indonesia dan memberikan ruang bagi pemerintah untuk menjaring bakat-bakat potensial demi prestasi negara pada masa yang akan datang.

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 20 Februari 2024. Penulis adalah wartawan Solopos Media Group)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya