SOLOPOS.COM - Salat Minta Hujan /Harian Jogja-Desi Suryanto

Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

Solopos.com, SOLO — Dalam surat Al-Baqarah ayat 25, disebutkan orang-orang beriman akan masuk surga dan mendapat istri-istri yang suci. Apakah ini berarti hanya kaum lelaki yang masuk surga?

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Simak ulasan mengenai ayat tersebut sebagaimana pernah dimuat di Harian Umum Solopos, Jumat (27/12/2013).

Pertanyaan

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bapak Ustaz yang saya hormati, saya telah membaca surat Al-Baqarah ayat 25, yang artinya bahwa orang beriman dan beramal saleh akan mendapat surga dan di dalamnya mendapat istri-istri yang suci dan kekal di dalamnya.

Pertanyaan saya Pak Ustaz, mengapa hanya disebutkan istri-istri yang suci saja? Apakah hanya suami yang akan mendapatkan surga, sedang bagi kaum wanita tidak mendapatkan surga? Saya masih bingung, tolong diterangkan.

Terima kasih atas jawabannya.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. [Edy Susanto, Klaten]

Ustaz Menjawab

Waalaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.
Mas Edy Susanto yang dirahmati Allah. Belajar Alquran harus serius dan teliti. Bacalah tafsir dari beberapa ulama, seperti tafsir terbitan Kementerian Agama, Tafsir Al Mishbah karya Quraish Shihab, Tafsir  Al-Azhar karya Hamka dan sebagainya. Insya Allah Anda akan lebih paham dan mudah.

Alquran surat Al Baqarah ayat 25 menyatakan bahwa orang yang beriman dan beramal saleh akan mendapatkan surga dan di dalamnya mendapat istri-istri yang suci dan kekal di dalamnya.

Mas Edy, bila dalam Alquran disebutkan kata-kata yang menggunakan lafadz laki-laki, itu berarti juga untuk wanita. Kalau dalam Alquran disebutkan yaa ayyuhaladzina aamanuu, artinya: hai orang-orang yang beriman, lafadz laki-laki, akan tetapi maksudnya juga untuk orang yang beriman dari kaum wanita.

Dalam Alquran surat At Taubah: 72 Allah berfirman yang artinya: Tuhan Allah menjadikan kepada orang mukmin lelaki dan perempuan akan mendapat surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai kekal di dalamnya, dan mendapat tempat yang bagus di Surga Adn. Dan keridaan Allah adalah lebih besar, itu adalah keberuntungan yang besar.

Dari ayat itu jelas bahwa wanita yang beriman dan beramal saleh akan mendapatkan surga. Surga termasuk alam gaib, tidak diketahui hakikatnya oleh manusia. Hanya Allah yang mengetahui.

Yang perlu dipercayai adalah bahwa surga itu merupakan tempat yang penuh kenikmatan, baik jasmani maupun rohani yang disediakan bagi orang yang beriman. Jadi berdasarkan ayat tersebut, maka surga bukan untuk kaum pria saja, akan tetapi juga untuk kaum wanita.

Jadikan Alquran dan As-Sunah sebagai way of life, rutin membaca dan memahami maknanya. Menjaga akidah Islam secara murni, menjaga ibadah mahdhoh dan ghoiri mahdhoh. Banyak berwirid, berzikir, beristigfar, berdoa, dan sabar. Insya Allah bahagia dunia dan akhirat. Amin. Demikian semoga Mas Edy Santosa lebih jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya