SOLOPOS.COM - Damar Sri Prakoso (Istimewa/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Dinamika pemilihan presiden-wakil presiden 2024 telah selesai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029.

Kini fokus perhatian masyarakat mulai tercurah pada kontestasi pemilihan kepala daerah atau pilkada di masing-masing daerah. Di Soloraya bakal muncul wajah-wajah baru karena kepala daerah yang saat ini menjabat sudah menuntaskan jabatan dua periode berturut-turut.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Wajah baru dalam kontestasi pilkada itu akan muncul di Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Klaten. Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dan Bupati Klaten Sri Mulyani sudah dua periode memimpin daerah.

Wali Kota Solo juga dipastikan bakal diisi wajah baru setelah ditinggalkan Gibran Rakabuming Raka menjadi Wakil Presiden Indonesia. Siapa penerus para kepala daerah itu terus memantik rasa penasaran masyarakat, bukan hanya warga lokal, tapi juga masyarakat luar secara umum.

Di Soloraya mulai bermunculan sosok-sosok yang digadang-gadang bakal maju dalam kontestasi pilkada. Kebanyakan adalah tokoh lokal yang punya nama dan memiliki latar belakang dan kapasitas berbeda-beda atau mereka yang punya pengalaman politik.

Ada juga sosok-sosok pendatang baru atau newcomer yang bermunculan. Banyak yang kemudian membikin penasaran masyarakat sehingga mereka berusaha mencari tahu lebih dalam tentang profil tokoh tersebut.

Di Kota Solo, wajah baru yang disebut-sebut oleh berbagai kalangan, termasuk lembaga survei, dalam bursa calon wali kota, antara lain, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X, Sekar Tandjung (Ketua DPD II Partai Golkar Kota Solo), Astrid Widayani (Rektor Universitas Surakarta), Rudi Indijarto (pengusaha), dan Retno Wulandari (General Manager Sunan Hotel Solo).

Di Kabupaten Karanganyar, wajah baru yang menyita perhatian masyarakat sama-sama masih muda. Mereka adalah Ketua MPC Pemuda Pancasila Karanganyar Disa Ageng Alifven dan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani.

Disa adalah putra sulung mantan Wakil Bupati Karanganyar Paryono. Ilyas adalah putra mantan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Di Kabupaten Klaten, selain para politikus lokal, wajah baru yang diperbincangkan, antara lain, Wijanarko atau Mas Eko, pengusaha warung penyetan.

Kemudian dua sosok generasi milenial, yakni Benny Indra Ardhianto, pengusaha muda asal Kecamatan Delanggu dan Supriyanto, Ketua Paguyuban Warga Klaten (PWK) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Di Kabupaten Wonogiri, sejumlah politikus populer terus disebut-sebut bakal maju dalam pilkada di kabupaten ini. Mereka adalah politikus DPC PDIP Wonogiri Tarso dan politikus DPD II Partai Golkar Wonogiri Bondan Sejiwan Boma Aji.

Istri Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Verawati, menjadi wajah yang bisa menjadi kejutan. Pendatang baru lainnya, Edi Herlambang, yang merupakan pengusaha asal Kecamatan Wuryantoro, juga muncul ke permukaan.

Di Kabupaten Sragen, pertarungan kuat diprediksi bakal muncul dari sesama trah Untung Wiyono, mantan Bupati Sragen. Setelah Kusdinar Untung Yuni Sukowati selesai menjabat Bupati Sragen dua periode, kini muncul Untung Wibowo Sukowati dan Untung Wina Sukowati.

Boleh dibilang mereka berdua ini merupakan wajah yang paling potensial untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Kabupaten Sragen. Terlepas dari proses dan dinamika politik menuju pilkada nanti seperti apa, kehadiran wajah-wajah baru itu setidaknya memberikan alternatif harapan bagi daerah.

Niat mereka maju dalam kontestasi pilkada rata-rata sama: terpanggil untuk memajukan tanah kelahiran melalui visi dan misi yang mereka usung.

Apabila niat baik itu disambut oleh masyarakat, siapa tahu semesta mendukung dan jalan mulus terbentang mengantarkan mereka sebagai pemimpin baru di daerah masing-masing.

(Esai ini terbit di Harian Solopos edisi 3 Mei 2024. Penulis adalah wartawan Solopos Media Group)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya